MALIOBORO – Perusahaan ekspedisi JNE membebaskan ongkos kirim selama 2 Hari, tanggal 26-27 November ini. Pembebasan biayan ongkos Kirim ini merupakan bakti JNE dalam rangka hari ulang tahun mereka yang ke-27.
Presiden Direktur JNE, M. Feriadi mengatakan, sebagai penggagas Harbokir atau hari bebas ongkos kirim, JNE kembali menggelar program tersebut tepat di bulan spesial di mana JNE merayakan hari jadinya setiap tahun, yaitu bulan November. Harbokir yang pertama kali dicetuskan tahun 2016 lalu ini sebagai perayaan momen hari jadi JNE ke-26.
“Harbokir kembali diadakan tahun 2017 sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh pelanggan, baik ritel maupun corporate,” tuturnya.
Dalam HUT JNE Ke-27 yang bertema “Mewarnai Indonesia”, Harbokir dapat dinikmati selama 2 hari berturut–turut, yaitu pada tanggal 26 dan 27 November 2017 di seluruh cabang JNE di seluruh Indonesia. Harbokir yang kedua kalinya ini berlaku untuk service REG serta YES, untuk pengiriman paket dari maupun tujuan dalam kota, misalnya Jakarta – Jakarta atau Bandung – Bandung, dan sebagainya, dengan maksimum berat 1 kilogram tanpa adanya batasan jumlah paket.
Menurutnya, Hari jadi JNE menjadi momen yang tepat untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah setia menggunakan produk–produk layanan JNE. Pihaknya berharap penyelenggaraan Harbokir kali ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi para UKM sebagai pelaku e-commerce, agar dapat mendukung peningkatan penjualan mereka.
“Semoga Harbokir kali ini dapat semakin Mewarnai Indonesia, serta mengantarkan kebahagiaan bagi pelanggan di seluruh nusantara sesuai dengan semangat Connecting Happiness sebagai tagline JNE”, harapnya.
Tahun lalu, penyelenggaraan Harbokir pertama sukses mendongkrak jumlah pengiriman JNE lebih dari 50% dibanding hari biasanya. Dengan pertumbuhan e-commerce saat ini yang berdampak pada peningkatan jumlah pengiriman JNE dan berbagai pengembangan di sektor–sektor penting untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam proses pendistribusian paket, pihaknya berharap Harbokir tahun ini minimal dapat meraih pencapaian peningkatan pengiriman lebih dari 50% lagi seperti tahun lalu.
Sebelumnya, untuk memberikan dukungan nyata terhadap para UKM atau online seller, JNE telah mengadakan beberapa program strategis hasil kerja sama dengan online marketplace, yaitu Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan yang lainnya di akhir tahun ini. Program tersebut seperti Free Ongkir untuk pengiriman via JNE, pada saat Mobile Shopping Day, Harbolnas, dan sebagainya. Ditambah lagi program JLC Double Point di mana semua transaksi pengiriman paket seluruh pelanggan yang menggunakan JLC pada tanggal 11 November 2017 lalu mendapatkan Double Point.
Dalam rangka HUT ini juga, JNE mengadakan pula rangkaian kegiatan CSR (corporate social responsibility), seperti operasi bibir sumbing di Sabang, Aceh bersama Smile Train, dan pengiriman ratusan buku edukatif untuk anak–anak di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan bersama Taman Bacaan Anak Lebah, serta pengiriman peralatan maupun perlengkapan sekolah untuk anak–anak yang membutuhkan ke beberapa daerah di Papua dalam program “Rajut Kasih”.
Selain itu, diselenggarakan juga program pemberian 11 ribu buku cerita atau bacaan untuk PAUD maupun TK di 11 kota, melalui cabang utama JNE di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini berbarengan dengan Pemecahan Rekor MURI, Mewarnai 1270 Payung di Malang Oktober lalu.
Menjelang tanggal 26 November di mana acara puncak perayaan HUT JNE dilaksanakan untuk internal perusahaan, kegiatan rutin setiap tahun yaitu santunan terhadap anak–anak yatim piatu digelar. Pada Sabtu 18 November, acara Shopping Bareng Anak Yatim diselenggarakan di Carrefour Duta Merlin Jakarta mulai pukul 08:00 – 12:00 WIB. Puluhan anak dari 27 yayasan atau panti asuhan yatim piatu di Jakarta dan sekitarnya berbelanja kebutuhan pokok secara gratis dalam acara tersebut.
(erfanto linangkung)